Media Pembelajaran “ULTA-TERMANVI” pada Sosialisasi Tertib Berlalu-Lintas Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52920/jkpmsenyum.v2i1.54Keywords:
buku pedoman, permainan ular tangga, rambu lalu-lintas, video pembelajaranAbstract
Perkembangan jaman diikuti dengan perkembangan teknologi, yang ditandai dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan yang diproduksi. Angka tersebut diikuti dengan meningkatnya jumlah kecelakaan lalu-lintas. Banyak faktor penyebab kecelakaan lalu-lintas, namun dari beberapa penelitian diketahui faktor terbesar adalah human error. Banyak kegiatan pengabdian tentang penyuluhan tertib berlalu-lintas telah dilakukan dengan berbagai metode. Salah satunya yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Manajemen Transportasi Jalan Poltrada Bali. Metode yang digunakan adalah Pendidikan masyarakat dalam bentuk sosialisasi tertib berlalu-lintas. Mitra kegiatan ini adalah SD Negeri I Samsam Tabanan dengan sasaran 6 siswa perwakilah siswa kelas 4 dan 5, dan 9 guru. Pada kegiatan ini digunakan media pembelajaran “ULTA-TERMANVI” atau “Ular Tangga Terpadu Pedoman dan Video Pembelajaran”. Keterpaduan media dirancang sesuai perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar (yaitu pada tahap operasi kongkret) dan memenuhi tiga gaya belajar (visual, auditori, kinestetik). Ketiga media digunakan secara bersamaan dan saling melengkapi. Hasil kegiatan sosialisasi menunjukkan siswa dapat menjawab semua rambu pada permainan ular tangga dengan benar. Diharapkan media pembelajaran “ULTA-TERMANVI dapat sebagai salah satu alternatif media dalam pelaksanaan sosialisasi tertib berlalu-lintas pada anak sekolah dasar.
References
Demianus, D., Jufrianto, J., RJ, N., Tonengan, R., & P, S. (2019, December 20). Perkembangan Cara Berpikir Anak Di Usia 2-7 Tahun Dengan Menebak Gambar Dan Ukuran Melalui Video Dengan Teori Kognitif. https://doi.org/10.31219/osf.io/ms8zf.
DePorter, B. dan Hernacki, M. 1992. Quantum Learning: Unleasing the Genius In You. Abdurrahman, A. 2007. Kaifa PT Mizan Pustaka: Bandung.
Lailiyah, K & Anggrahini, E. (2018). Menanamkan Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Pengenalan Simbol Berlalu-Lintas. Prosiding Seminar Nasional “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Guna Mempersiapkan Daya Saing Kompetensi Abad 21”. Purwokerto: UM Purwokerto Press (Anggota APPTI).
Prabowo, A. & Kurniawan, M.P. (2012). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat “Tertib Lalu-Lintas” Berbasis Animasi 2D Sebagai Media Sosialisasi Ditlantas Polda DIY. Jurnal DASI. Vol.13. No.3. September 2012. ISSN: 1411-3201.
Siswanto, dkk. 2016. Pengelolaan Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 3 Boyolali. (Tesis tidak dipublikasikan). Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sukadi. 2008. Progressive Learning “Learning by Spirit. Bandung: MQS Publishing.
Suparlan. 2020. Peran Media Dalam Pembelajaran Di SD/MI. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol.2. No.2. Juli 2020: 298-311. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Supriatna, C. & Sutono. 2016. Media Sosialisasi Rambu-Rambu Lalulintas Dengan Metode Augmented Reality berbasis Android. Media jurnal Informatika. Vol.8. No.1. Juli 2016.
Syarifin, A. 2017. Percepatan Perkembangan Kognitif Anak: Analisis Terhadap Kemungkinan Dan Persoalannya. Al-Bahtsu. Vol.2. No.1. Juni 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.