Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas bagi Pesepeda di Masa New Normal

Authors

  • Ocky Soelistyo Pribadi Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Putu Diva Ariesthana Sadri Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Ahmad Soimun Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Anggun Prima Gilang Rupaka Politeknik Transportasi Darat Bali
  • I Made Purnama Politeknik Transportasi Darat Bali

DOI:

https://doi.org/10.52920/jkpmsenyum.v1i1.39

Keywords:

covid-19, penyuluhan, pesepeda

Abstract

Peningkatan yang signifikan pengguna sepeda selama masa pandemi Covid-19 atau masa New Normal dapat memberikan dampak buruk jika tidak diikuti dengan peningkatan pemahaman masyarakat mengenai bagaimana berlalu lintas bagi pesepeda. Peran yang diperlukan adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masayrakat terutama bagi pesepedan pruduk dari adanya pandemi Covid-19 tentang bagaimana bersepeda yang tertib, aman dan selamat sesuai dengan aturan yang berlaku serta bersepeda yang sesuai dengan protokol kesehatan melalui program penyuluhan kepada masayrakat. Sebagai Intitusi perguruan tinggi dengan kekususan bidang transportasi darat di bawah naungan Kementerian Perhubungan, Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali) memiliki kewajiban melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Melalui program PKM ini Poltrada Bali berusaha menyelesaikan permasalahan yang muncul dimasyarakat akibat peningkatan pengguna sepeda yang signifikan dan tidak dibarengi oleh pemahaman tentang berlalu lintas. Serta untuk menyelarasakan program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi muncul akibat bersepeda yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di sepanjang jalan pantai Kuta dan legian Kabupaten Badung.

References

World Health Organization, 2020.Coronavirus Disease (Covid-19) Pandemic. https://www.who.int/covid-19

Kemkes.2020. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. (n.d.). Retrieved December 01, 2020, from https://www.covid19.go.id/

----------.2020. Pendataan Provinsi Bali. https://pendataan.baliprov.go.id/

Janna, D. R., Andeka, W., Sumaryono, D., Linda, L., & Marsofely, R. L. (2020). Efektivitas Promosi Kesehatan Menggunakan Game Karpet (kartu pertanyaan) dan Ice Breaking Tepar (tebak pernyataan) terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Kesehatan Gigi pada Anak MIN 1 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).

Safitri, C. H., Wilujeng, C. S., & Handayani, D. (2014). Perbedaan Metode Team Game Tournament Dan Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat (The Difference Between Team Game Tournament And Lecture In Increasing The Knowledge Of Choosing Healthy Snacks). Indonesian Journal of Human Nutrition, 1(2), 89-105.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Pribadi, O. S., Sadri, P. D. A. ., Soimun, A. ., Rupaka, A. P. G. ., & Purnama, I. M. . (2021). Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas bagi Pesepeda di Masa New Normal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum), 1(1), 27-34. https://doi.org/10.52920/jkpmsenyum.v1i1.39

Most read articles by the same author(s)