Dampak Pemasangan Marka Khusus dalam Kemampuan Menjaga Jarak Kendaraan Saat Bergerak pada Ruas Jalandengan Kecepatan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.52920/jttl.v3i1.52Keywords:
keselamatan jalan, marka jalan, pengaturan jarak antar kendaraanAbstract
Berdasarkan data organisasi kesehatan dunia menyatakan bahwa setiap tahun jumlah kematian akibat dari kecelakaan lalu lintas mencapai 1,35 juta orang, berdasarkan data dari Korlantas polri (https://korlantas.polri.go.id/), jumlah kecelakaan di wilayah Indonesia per- 2 Maret 2021 mencapai 191 orang. Kecelakaan beruntun dan kecelakaan tabrak depan-belakang (rear-end) adalah suatu fenomena yang sering terjadi di indonesia. Dalam teknik mengemudi diperlukan 2 - 3 detik untuk menjaga jarak kendaraan, tergantung pada kecepatan (NYS DMV - Driver's Manual, 2011). Dengan adanya marka khusus, diharapkan dapat menjadi acuan pengemudi untuk mengatur jarak kendaran headway dan Gap untuk menciptakan keselamatan berkendara. Penelitian ini menganalisa dampak dari penggunaan marka khusus sebagai acuan pengemudi untuk dapat menjaga jarak aman kendaraan saat kendaraan bergerak pada ruas jalan dengan kecepatan tinggi, seperti pada jalan nasional atau jalan rawan kecelakaan tabrak depan-depan. Proses trianggulasi digunakan sebagai metode dalam penelitian ini dengan penggabungan berbagai teknik pengumpulan data. Survey Kecepatan dilakukan di Jalan menuju pulau serangan kepada 21 orang pengemudi. Tanggapan masyarakat terhadap desain marka bahwa dari jumlah responden sebanyak 538 orang, sebanyak 44.8 % responden atau 201 orang memilih marka model A yaitu Marka khusus melintang yang diletakan pada sisi dalam ruas jalan. Dari hasil percobaan terhadap perilaku pengemudi dalam melalui zona dengan marka khusus dapat diketahui bahwa percepatan dan jarak antar kendaraan menjadi lebih stabil. Dari hasil analisa SWOT terhadap penerapan marka khusus yang diperoleh dari hasil kuisioner, percobaan dan wawancara mendalam terhadap pengemudi dapat diketahui bahwa marka dipakai sebagai acuan dalam menjaga jarak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.