https://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/issue/feedJurnal Teknologi Transportasi dan Logistik2023-07-25T00:45:35+08:00Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltrada Balip3m@poltradabali.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik</strong> merupakan terbitan berkala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Transportasi Darat Bali (POLTRADA Bali). Artikel jurnal ini merupakan hasil penelitian lapangan <em>(field research)</em>, studi literatur, dan penelitian kebijakan publik. Tujuan penerbitan untuk mendesiminasikan hasil penelitian ilmiah dalam bidang transportasi, otomotif dan logisitik, dalam peningkatan kualitas pembangunan sektor transportasi publik.</p>https://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/103Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Transportasi dalam Mendukung Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Provinsi Bali2023-04-25T13:11:46+08:00Efendhi Prih Raharjoefendhisttd@gmail.comI Kadek Surya Putra Adidanaefendhisttd@gmail.comAnisa Mahadita Candrarahayulivana.ph@gmail.comYusime Fitasariputu.eka@poltradabali.ac.id<p>Provinsi Bali adalah salah satu destinasi wisata utama di Indonesia yang menarik minat wisatawan mancanegara. Infrastruktur transportasi memainkan peran penting dalam mendukung perkembangan pariwisata, termasuk dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh infrastruktur transportasi terhadap kunjungan wisatawan mancanegara di Provinsi Bali dan merumuskan strategi untuk meningkatkan aksesibilitas dan keselamatan infrastruktur transportasi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis RCPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infrastruktur transportasi, terutama aksesibilitas, konektivitas, keselamatan, keamanan, dan jasa pelayanan, berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan mancanegara di Provinsi Bali. Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas dan keselamatan infrastruktur transportasi termasuk meningkatkan kualitas jalan dan transportasi publik, serta memberikan pelatihan untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah, pengelola pariwisata, dan pihak terkait dalam meningkatkan infrastruktur transportasi dan mengembangkan pariwisata di Provinsi Bali.</p>2023-04-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/95Risk Analysis of Construction Work for the Construction of Gilmanuk - Mengwi Toll Road, Bali Province2023-04-25T13:06:30+08:00AA Bagus Oka Khrisna Suryaagungoka90@gmail.comSurya Aji Ermantomegasuryandari@ptdisttd.ac.idDinda One Mulyaningtyaslivana.ph@gmail.comA.A Gde Sanjaya Putralivana.ph@gmail.com<p>Risk is the frequency of the emergence of an unfavorable condition and how much the consequences are caused and apply to all aspects of life, one of which is the construction project where the success of a construction project can be seen from how well the project is able to explore the risks that will occur, when viewed from the wide scope of the project, road construction projects have greater risks than building construction projects. The Gilimanuk – Mengwi toll road project is planned to be the second toll road to be built on the island of Bali which has a length of 96.21 km and passes through 3 regencies using a concession scheme with the aim of development to facilitate the flow of logistics transportation on the island of Bali.This study aims to determine the risk of building the Gilimanuk - Mengwi toll road and mitigate the risk that is included as a high risk criteria. The data collection method was carried out with literature studies and interviews using the questionnaire of the selected respondents, namely PUPR Bina Marga who will be directly involved in the implementation of the project. Process the risk level determination data using the probability x impact matrix with the Likert assessment scale. The results were obtained that there were 4 criteria and 12 sub-criteria of risk that were included as high risk with mitigation in general namely strengthening coordination between stakeholders in the preconstruction, always refer to the applicable rules and the application of technical implementation in the field practically and efficiently.</p>2023-04-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/104Simulasi Rencana Pengoperasian Interchange Km 41 + 100 Tol Jakarta – Cikampek Ditinjau dari Sektor Ekonomi2023-04-28T05:29:54+08:00Efendhi Prih Raharjoefendhisttd@gmail.comI Kadek Surya Putra Adidanaefendhisttd@gmail.comAnisa Mahadita Candrarahayulivana.ph@gmail.com<p>Pengembangan industri skala besar di Kabupaten Bekasi khususnya Cikarang oleh Delta Mas dan Lippo Cikarang akan berdampak pada sektor transportasi dan sektor ekonomi. Pada sektor transportasi akan menyebabkan adanya kemacetan secara luas dan kompleks, sedangkan pada sektor ekonomi akan memberikan dampak yang baik. Tetapi permasalahan transportasi ini tentu tidak dapat memberikan dampak yang maksimal pada sektor ekonomi di Kabupaten Bekasi sehingga dibutuhkan manajemen lalu lintas berupa pembukaan <em>interchange</em> KM 41 + 100 sebagai upaya penanganan kemacetan lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek Koridor. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dampak ekonomi yang terjadi disebabkan dari adanya manajemen lalu lintas berupa pembukaan <em>interchange</em> KM 41 + 100 sebagai upaya penanganan kemacetan lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek Koridor Cikarang Barat-Karawang Barat. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan transportasi berupa pemodelan transportasi. didapatkan hasil bahwa biaya perjalanan masyarakat menjadi berkurang akibat adanya penurunan konsumsi bahan bakar, volume lalu lintas, dan waktu tempuh, serta akibat penurunan biaya perjalanan mampu meningkatkan pendapatan perkapita Kabupaten Bekasi.</p>2023-04-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/124Kajian Kekuatan Material pada Chassis Prototype Sepeda Motor Listrik yang Dirancang Bangun dengan Daya 3000 Watt2023-07-01T02:18:21+08:00Dinda One Mulyaningtyaslivana.ph@gmail.comAris Budi Sulistyoarieztank@gmail.comArif Devi Dwipayanalivana.ph@gmail.com<p>Chassis kendaraan merupakan rangka yang berfungsi sebagai penopang berat kendaraan, mesin penumpang, serta beban-beban lain. Beban yang lebih berat akan menyebabkan kelelahan dan mempersingkat umur Chassis. Operator kendaraan tidak dapat secara akurat memperkirakan jumlah muatan yang dibawa oleh Chassis. Hal ini karena saat ini belum ada standar yang berlaku untuk kerusakan Chassis, baik dari segi posisi, luasan, maupun frekuensi pembebanan. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis pengaruh pemberian pembebanan kepada material dan menganalisis beban maksimal yang bisa menopang rangka/Chassis sepeda motor listrik dengan daya 3000-watt. Adapun hasil dari penelitian adalah semakin berat pembebanan yang dilakukan maka simulasi stress, Displacement dan Strain menunjukkan peningkatan nilai, sedangkan untuk FOS semakin berat pembebanan yang dilakukan maka nilai semakin kecil < 1, (batas aman nilai FOS > 1). Pembebanan 90 kg memiliki nilai FOS yang sangat ideal yakni 1,207 dan maksimum nilai FOS dengan pembebanan 120 kg dengan nilai 0,905, dengan pembebanan 150 kg dan 180 kg Chassis tidak mampu untuk menahan beban karena memiliki nilai < 1.</p>2023-06-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/125Analisis Faktor Kinerja Distribusi Logistik Minimarket Berjaringan (Studi Kasus CV. Arys Mikro Bali)2023-07-01T02:28:07+08:00Putu Diva Ariesthana Sadrilivana.ph@gmail.comPutu Eka Suartawanputu.eka@poltradabali.ac.idPutu Ayu Govika Krisna Dewilivana.ph@gmail.com<p>Minimarket berjaringan dewasa mengalami perkembangan yang pesat. Pemain baru juga bermunculan salah satunya adalah CV. Arys Mikro, Bali. Keberlangsungan usaha minimarket sangat bergantung kepada ketersediaan, variasi, kualitas serta keseragaman harga barang-barang. Untuk mewujudkan hal tersebut maka minimarket berjaringan harus menjaga kinerja distribusi logistik agar efektif dan efisien. Peneliti mengambil tema Analisis Faktor Kinerja Distribusi Logistik Minimarket Berjaringan dengan maksud memberikan masukan kepada pengusaha minimarket berjaringan agar tetap eksis di masa pandemic Covid-19. Penelitian menggunakan data primer berupa hasil wawancara dan kuesioner yang diolah menggunakan metode analisis faktor untuk memperoleh faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja distribusi logistic pada minimarket berjaringan CV. Arys Mikro, Bali. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan untuk memastikan form kuesioner wawancara/ interview telah valid dan handal untuk digunakan sebagai alat memperoleh data penelitian. Hasil rekapitulasi dan analisa data menggunakan software SPSS mereduksi 20 butir indikator menjadi lima indicator utama yang mempengaruhi kinerja distribusi logistik pada CV. Arys Mikro. Kelima faktor tersebut adalah 1) Teknis Penanganan Barang; 2) Manajemen Penataan, Penyimpanan, dan Pemesanan; 3) Manajemen Persediaan; 4) Pergudangan; 5) Pemilihan Rute dan Lokasi. Berdasarkan lima faktor utama tersebut, kinerja distribusi logistik pada CV. Arys Mikro masih perlu ditingkatkan agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien.</p>2023-06-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/126Analisis Lokasi Gudang Pusat Distribusi Logistik di Provinsi Bali2023-07-01T02:36:14+08:00Nengah Widiangga Gautamalivana.ph@gmail.comAhmad Soimunsoimun@poltradabali.ac.idAnggun Prima Gilanglivana.ph@gmail.com<p>Gudang pusat distribusi memegang peran penting dalam suatu proses logistik. Pemilihan lokasi gudang pusat distribusi yang strategis dapat meminimalkan jarak tempuh oleh armada pengangkut dari gudang pusat distribusi ke cabang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan peta Geographical InformationSystem dan perangkat lunak AnyLogic. Titik-titik lokasi yang menggambarkan kabupaten/kota di Provinsi Bali digunakan untuk menganalisis jarak tempuh paling minimum dari gudang pusat ke cabang. Pendekatan situasi di lapangan dilakukan melalui pemodelan yang menggunakan bilangan acak (seed). Pemodelan dilakukan melalui dua skenario, skenario pertama dengan satu gudang pusat distribusi dan skenario kedua dengan gudang pusat yang jumlahnya lebih daripada satu. Dari penelitian diperoleh bahwa sistem pada skenario pertama memiliki keunggulan dari segi jarak tempuh.</p>2023-06-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/127Identification of Loading and Unlocking Process Time at Denpasar Goods Terminal2023-07-01T02:48:31+08:00Dynes Rizky Naviantidynes@poltradabali.ac.idPutu Ayu Govika Krisna Dewilivana.ph@gmail.comStefanus Sylvan Ryantolivana.ph@gmail.com<p>One of the goals of a company organization is to minimize production costs to obtain a guarantee of survival. The creation of a production company (both goods and services) requires qualified and competent human resources. In a production system, there is an inventory or inventory process. Inventory is an effort to anticipate stock due to high demand from consumers. This is due to the delay in the goods. In an inventory process, there are two processes, namely loading (loading process) and unloading (unloading process). In the process of inventory loading and unloading, there is a problem, namely the inefficiency of time. These problems disrupt and hinder the product distribution process which has implications for wasting time. However, in this study related factors have been identified that affect loading and unloading processing time. The result is that the fatigue variable and the driver psychology variable do not significantly influence the loading and unloading processing time. Simultaneous or joint significance test, has a probability/significance value of the F test of 0.150087 with a significance level of 0.05</p>2023-06-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/128Tinjauan Legalitas Pengusahaan Multimoda Transport Operator dalam Mewujudkan Efektivitas Sistem Logistik Nasional2023-07-01T03:01:06+08:00Ni Luh Darmayantidarmayanti@poltradabali.ac.idI Wayan Arnayalivana.ph@gmail.comBambang Istiyantolivana.ph@gmail.com<p>Transportasi multimoda (MTO) dapat diartikan sebagai metode pengangkutan kargo dari suatu lokasi ke lokasi lain menggunakan setidaknya dua atau lebih moda transportasi yang berbeda. Prinsip utama dari transportasi multimoda adalah hanya terdapat satu bill of lading meskipun melibatkan beberapa moda transportasi seperti udara, kereta api, darat, maupun laut. Kegiatan angkutan multimoda, sesuai dengan Peraturan Menteri No. 8 tahun 2012, hanya dapat diselenggarakan oleh badan usaha angkutan multimoda, baik badan usaha nasional maupun badan usaha asing. Dalam menyelenggarakan kegiatan angkutan multimoda, badan usaha MTO bertanggung jawab terhadap kegiatan penunjang angkutan multimoda yang meliputi pengurusan transportasi, pergudangan, konsolidasi muatan, penyediaan ruang muatan, serta kepabeanan untuk angkutan multimoda ke luar negeri dan ke dalam negeri. Bagi sebuah badan usaha, izin usaha atau legalitas merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada hukum. Legalitas yang dimaksudkan disini adalah izin yang sah secara hukum terhadap segala kegiatan usaha yang dilaksanakan. Semua badan usaha MTO nasional harus mampu menyediakan jasa angkutan multimoda yang memenuhi standar keselamatan serta keamanan yang berlaku. Guna menjamin terwujudnya efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan sistem logistik nasional, maka perlu dipastikan bahwa setiap badan usaha penyelenggara MTO telah memenuhi aspek legalitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan legalitas pengusahaan multimoda transport operator dalam mewujudkan efektivitas sistem logistik nasional guna mengetahui legalitas pengusahaan angkutan multimoda di daerah Denpasar. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan studi literatur dan survey (Kuesioner dan Wawancara) yang kemudian akan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.</p>2023-06-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/129Kenyamanan sebagai Faktor Dominan Pemilihan Moda Transportasi Hasil Kuesioner Penumpang Bus Antar Propinsi dari Terminal Mengwi Bali2023-07-01T03:10:32+08:00Ida Ayu Masyuniidas.4lecture@gmail.comBudi Mardikawatilivana.ph@gmail.comAsep Eka Nugrahalivana.ph@gmail.com<p>Penurunan jumlah penumpang Bus Antar Provinsi merupakan salah satu masalah transportasi angkutan umum. Namun ditemukan Penyelenggara Bus Antar Provinsi yang tetap eksis memberikan layanan. Mereka dianggap mampu memenuhi faktor-faktor pemilihan moda transportasi. Kajian bertujuan mengetahui faktor pemilihan moda transportasi oleh penumpang Bus Antar Provinsi yang berangkat dari Terminal Mengwi Badung Bali. Metode pengumpulan data berupa kuesioner faktor-faktor pemilihan moda transportasi. Terdapat 7 faktor yang dikaji, yaitu: keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, keteraturan, dan protokol kesehatan. Analisis data yang digunakan adalah model pemilihan diskrit dengan menggunakan konsep utilitas dari setiap faktor. Hasil analisis data berupa persamaan regresi untuk mengetahui komponen yang berpengaruh positif dari setiap faktor. Selanjutnya, dilakukan perangkingan faktor pemilihan moda transportasi. Hasil yang diperoleh kenyamanan dengan komponen jumlah penumpang yang diangkut sesuai dengan kapasitas Bus merupakan faktor yang paling dominan. Kajian bermanfaat untuk meningkatkan kinerja penyedia jasa angkutan Bus Antar Provinsi.</p>2023-06-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/140Infrastructure Management to Support Logistic Distribution and Accessibility of Deltamas Industrial Estate2023-07-09T13:46:24+08:00Anisa Mahadita Candrarahayulivana.ph@gmail.comEfendhi Prih Raharjoefendhisttd@gmail.comAnggun Prima Gilang Rupakalivana.ph@gmail.com<p>Infrastructure management is a development from strategic management which is part of sustainable economic development. This study aims to determine the characteristics of movement, traffic performance on toll roads and main roads, cost savings associated with industrial activities in West Cikarang to West Karawang region to improve the logistic distribution and accessibility of the Deltamas Industrial Estate Area. The visum program was developed as effort to analyzed transportation network in the study area referring to survey results obtained. The results stated that every road network development there was an increase in speed and decrease in v/c ratio so as to improve network performance. In addition, the results of study also concluded that there were savings in the analysis of economic costs related to travel costs and experienced reduction in air pollution levels which can be improved logistic distribution. For this reason, strengthening network performance in encouraging increased accessibility is needed.</p>2023-06-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/144Analysis of Soet Emissions using Diesel - Methanol (CH3OH) Mixture on L-300 Vehicles2023-07-25T00:03:01+08:00Langgeng Asmorolivana.ph@gmail.comReza Yoga Aninditalivana.ph@gmail.comAris Budi Sulistyoarieztank@gmail.comRahmat Ahmadlivana.ph@gmail.com<p>In this research, it is intended to identify the concentration of soot in the exhaust emissions of the L-300 diesel engine by adding an additional substance in the form of methanol CH3OH. The research method in this study used an experimental method with the help of a smoke tester used to test the soot concentration in exhaust emissions of diesel motorized vehicles. The experiment was carried out at night using different mixtures and where each mixture will be carried out 8 times to collect data. Experiments used a smoke tester to test soot emissions on: fuel not mixed with methanol additive (M0D100), 5% methanol mixture (M5D95), 10% methanol (M10D90), 15% methanol mixture (M15D85). After carrying out the research and data processing, it was obtained that the M0D100 mixture had a soot emission concentration of 36.52%. The M5D95 mixture decreased the concentration of exhaust emissions to 31.05%. Then in the M10D90 mixture, the soot emission concentration decreased to 27.17%. whereas in the M15D85 mixture the soot concentration increased to 33.76%.</p>2023-06-28T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistikhttps://jurnal.poltradabali.ac.id/jttl/article/view/145The Influence of Service Quality and Timeliness on Passenger Loyalty, Yogyakarta International Airport Train2023-07-25T00:45:35+08:00Nanda Ahda Imronlivana.ph@gmail.comDian Febrylianalivana.ph@gmail.comArinda Lelianalivana.ph@gmail.comAdya Aghastyalivana.ph@gmail.comRiz Rifai Oktavianus Sasuelivana.ph@gmail.comArif Devi Dwipayanaarif.devi@poltradabali.ac.id<p>Yogyakarta International Airport (YIA) is a new airport located in Kulon Progo Regency, Yogyakarta. One of the transportation modes that can be used to reach the airport is the YIA Airport Train. With the increasing number and routes of airlines operating at YIA, the number of airport train passengers has also increased. However, this increase in passenger numbers has not been accompanied by an improvement in the quality of service provided and train delays are still occurring. This study aims to determine the influence of service quality on passenger loyalty, on-time performance on passenger loyalty, and the combined influence of service quality and on-time performance on passenger loyalty. The methods used in this study are Structural Equation Modeling (SEM) and multiple linear regression analysis. Data processing was done using SmartPLS 3.2.9 software for the SEM method and IBM SPSS 20 for the multiple linear regression analysis method. The results of this study indicate that both methods used support each other's findings. The results show that service quality has an impact on passenger loyalty. On-time performance also has an impact on passenger loyalty. Additionally, service quality and on-time performance have a positive and significant influence on passenger loyalty. In conclusion, it can be inferred that the better the service quality and on-time performance provided by the service provider, the higher the passenger loyalty will be.</p>2023-07-25T00:00:00+08:00Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik